Temukan Definisi Suksesmu, Sebelum Kamu Tersesat Mengejar Bayang Semu.

Bismillah…

Mungkin kemarin ada yang bertanya, mengapa email saya judulnya “Apakah Anda Bahagia?”

Tadinya saya mau nulis agak panjang tentang tema bahagia itu, ternyata lagi-lagi waktu tidak memungkinkan, keburu ada ‘duty calls’, panggilan tugas. (nyupir maksudnya :p )

*

Jadi begini…

Salah satu pertanyaan yang membuat saya banyak berpikir dan merenung adalah pertanyaan yang datangnya dari Mas Jaya Setiabudi. Tidak secara langsung, tentu saja. Tapi saya menonton video materi beliau di FormulaBisnis.ID.

‘Apa sih definisi suksesmu?”

Pertanyaan ini sederhana, tapi sering dilewati begitu saja sama banyak orang. Atau dulu pertanyaan ini pernah dijawab 5-10 tahun lalu, tapi jawabannya tidak diupdate setelah sekian lama. Sedangkan jawaban dari pertanyaan ini perlu diperbaharui setiap tahun.

Saya juga baru meredefinisikan kata sukses bagi saya sekitar bulan Ramadhan lalu, yaitu momen yang tetap untuk melakukan ‘perhitungan’.

Menghitung umur yang dilalui, sudah buat apa saja, sudah dapat apa saja.

Menghitung umur yang tersisa, sudah disiapkan buat mencari apa saja, bekalnya sudah cukup atau belum buat ‘pulang’ ke kampung halaman.

Akhirnya, dari menjawab pertanyaan sederhana tersebut, saya menemukan kebahagiaan yang lebih riil, gampang disentuh, tidak mudah terpengaruh.

*

Salah satu hal yang membuat saya bahagia saat ini adalah bisa bekerja dari rumah. Yang mana kalau anda pernah mengalaminya, ternyata kerja dari rumah ya tetep aja harus kerja, lebih leluasa mengatur waktu memang, tapi saking leluasanya kadang malah jadi tidak produktif.

Banyak banget hal yang bisa membuat anda tidak produktif kalau tidak punya ‘kantor’ yang harus disambangi tiap hari.

Dulu, saya akan sangat-sangat kesal kalau ‘momentum produktifitas’ saya terganggu sama hal-hal sepele yang terjadi di rumah. Lagi enak enak nulis, disuruh ngangkat galon, misalnya. 

Sampai sampai saya tuh kadang iri melihat pencapaian teman-teman, yang sudah punya tim sekian banyak, sales hari ni sekian pcs, atau hari ini dia sudah bikin ini itu, banyak banget lah pokoknya…

Saya menyalahkan ‘kondisi’ saya yang cuma kerja di rumah, sehingga susah produktif, sehingga ga sukses kayak mereka.

Kalau mungkin, anda juga ada yang merasa seperti itu, balas email ini ya, kita ngobrol-ngobrol nanti.

*

Tapi, sejak saya merenungkan kembali bahwa sukses itu berbeda-beda tiap orang… Saya juga menemukan bahwa sukses dan bahagia itu adalah dua hal yang berbeda.

Bahwa definisi sukses itu tergantung KPI atau indikator mana yang dipakai, karena standar ukuran ini tiap orang berbeda-beda. Ini menurut madzhab nya STIFIn.

Maka saya pun menemukan kembali makna sukses bagi saya adalah untuk membuat orang lain bahagia.

Dari lingkaran terdekat saya ada ibu, istri dan adik-adik saya. Baru lingkaran berikutnya ada sahabat, partner, tim, komandan dan prajurit Kaos Dakwah Islami.

Intinya, saya sebenarnya cukup bahagia ketika bisa membuat orang lain menemukan kebahagiaannya.

As simple as that, in theory.

Saya sampai meredesign blog saya seperti ini. Kepdean banget yah? 

*

Pada prakteknya, saya harus menyusun to do list yang mendukung untuk mencapai ‘target sukses’ tersebut.

Setiap hari, ada tiga hal yang apabila saya lakukan selama 2-5 tahun kedepan, maka saya merasa sedang ‘menumpuk bata’ untuk bangunan kesuksesan yang saya impikan. Hal tersebut adalah..

  1. Nulis email / blog.
  2. Bikin konten Youtube.
  3. Nelpon 3 orang (partner, tim, leads, dll)

Kenyataannya, memang menjadi produktif adalah tantangan yang sangat berat. Tapi bagi saya yang sekarang, semua itu seperti main GAME.

Kalau hari ini saya kalah atau tidak produktif, selalu ada esok hari untuk restart.

*

Jadi, mengapa email ini dikirimkan kepada anda?

Karena saya sedang mengejar target nomor 1, nulis email setiap hari.

Karena dengan melakukan ini, saya berharap menemukan minimal dua hal; Pertama, anda membacanya lalu merasa bahagia karena cerita yang saya sampaikan. Kedua, saya mencapai 33% kesuksesan saya hari ini.

Win Win Solution kan?

 

Yang Lagi Nulis Sambil Ditungguin Buat Nyupir.

 

Om Andro

NB: Besok saya mau menulis tentang buku Instagram yang jadi ‘PANDUAN’ saya untuk melakukan pemasaran secara organik, tanpa keluar duit buat bayar iklan. Kalau mau, silahkan ditunggu ya.. 🙂

Hai… Tunggu Sebentar!

Mau ikut tantangan 30 Hari Membangun Atomic Habit (Kebiasaan Mini) Yang Meningkatkan Diri Anda 1% (Satu Persen) Lebih Baik Dari Kemarin?

Rubah Diri Anda

Jadi orang baru dengan meninggalkan kebiasaan lama.

Sistem yang Teruji

Langkah demi langkah untuk berbenah.

Diri Anda Yang Terbaik

Kebiasaan baik akan membuat anda jadi orang yang lebih baik.

Tingkatkan PRODUKTIFITAS

Optimasi diri anda menjadi 1% lebih baik dari kemarin.

BUKU BESTSELLER MENURUT

Atomic Habit Best Seller

Prinsip Compound Effects

“Kebiasaan adalah ‘bunga-berbunga’ dari pengembangan diri. Sebagaimana uang yang berkembang biak menggunakan prinsip Compound Interest (bunga yang menghasilkan bunga lagi), efek dari kebiasan juga berkembang berkali-lipat setiap kali anda mengulanginya. Kebiasaan anda sepertinya hanya membuat sedikit perubahan bila dilihat dari hari ke hari, namun hasil yang anda dapatkan setelah berbulan-bulan menjalankannya akan sangat jauh berbeda.”

Merubah Identitas

“Anda mungkin memulai sebuah kebiasaan karena motivasi tertentu, tetapi perubahan sebenarnya adalah ketika kebiasaan tersebut ‘menempel’ menjadi bagian diri anda. Proses membentuk kebiasaan adalah proses membentuk identitas anda.”

Dapatkan Panduan Langkah Demi Langkah Untuk Berubah

Buku Atomic Habit adalah salah satu buku yang membantu saya untuk ‘Back On Track’ setelah mengalami kegagalan dalam hidup dan bisnis.

Apa yang diajarkan di buku ini berupa panduan dan strategi untuk membangun kebiasaan mini (sekecil atom) yang bila dilakukan terus akan merubah diri anda menjadi lebih baik setiap hari.

Di tantangan 30 Hari Atomic Habit Challenge, saya akan kirimkan materi dari buku tersebut yang bisa anda eksekusi saat ini juga. Masukkan email anda untuk mengikutimya!

​Full Ebook even includes following

​Donec vel leo viverra, laoreet

Lorem ipsum dolor sit amet, onsec tetur adipiscing elit.

amet, rutrum risus. hasel lus

​Morbi semper vulputate tincidunt. Mauris sodales.

vehicula nunc. Pellentesque

Lorem ipsum dolor sit amet, onsec tetur adipiscing elit.

​vivera laoeet spien, quis ulla​

Lorem ipsum dolor sit amet, onsec tetur adipiscing elit.

​sem mattis a Mae cenas la​

​Morbi semper vulputate tincidunt. Mauris sodales.

​con vallis sit amet cur susne​

Lorem ipsum dolor sit amet, onsec tetur adipiscing elit.

​Start with our first chapter, ​Completely free​! Learn first step in becoming digital nomad!

Copyright 2020 by Om Andro