Sleeping Chronotype: Pola Tidur Yang Terbaik Anda Sesuai Siklus Sirkadian

Hai,

Bagaimana tidur anda malam tadi? Nyenyak?

Ngomong-ngomong tentang tidur, saya baru tahu kalau ternyata tidur saya mirip seekor BERUANG!

Ya, beberapa hari yang lalu saya menonton sebuah video di Youtube tentang Sleeping Chronotype, yaitu jenis-jenis tidur berdasarkan ritme biologis manusia.

Mungkin anda pernah mendengar kata Night Owl, yaitu mereka suka bergadang sepanjang malam, merasa kreatif justru ketika kebanyakan orang tidur.

Atau kebalikannya, anda adalah seorang Early Bird, yaitu mereka yang bangunnya pagi sekali, sebelum ayam jantan berkokok.

Nah, teori Sleeping Chronotype ini dibahas detail di buku The Power of When, yang ditulis oleh seorang dokter spesialis tidur bernama Michael Breus.

Dr. Michael membagi jenis manusia berdasarkan tidurnya menjadi empat:

 

Wolf, atau Serigala

Seperti serigala, anda adalah ‘makhluk malam’, yang sangat aktif ketika matahari terbenam. Semakin malam anda mata anda malah semakin susah terpejam.

Anda yang bertipe serigala biasanya cenderung lebih kreatif, namun anda susah sekali bangun pagi. Sehingga anda juga sering dicap sebagai pemalas.

Di dunia yang jam kerjanya dimulai dari jam 9 pagi sampai 5 sore, anda tersiksa karena justru anda aktif diatas jam 5 sore. Makanya kebanyakan anda susah bertahan di dunia kerja.

Lion, atau Singa.

Sebaliknya, Singa adalah binatang yang rajin bangun pagi. Dan anda yang bertipe singa adalah makhluk fajar.

Di saat orang lain masih ngiler, anda sudah menulis di komputer.

Energi anda bertahan sepanjang sampai sore hari, setelah itu anda biasanya tidak sanggup bahkan untuk sekedar nonton televisi.

Inilah tipe kebanyakan CEO, Manajer dan top eksekutif di perusahaan. Mereka secara natural adalah seorang leader dan seorang yang go-getter.

 

Bear, atau Beruang.

Kebanyakan orang bertipe Beruang. Hampir 50% jumlahnya dari populasi. Oleh karena itu, jam kerja di dunia formal mengikuti jam kerja mereka.

Bila anda merasa tidur anda selalu kurang, ingin selalu rebahan, apalagi setelah makan, bisa jadi anda termasuk pada tipe ini.

Beruang memang harus tidur 8 jam sehari, tanpa itu otaknya serasa kurang berfungsi.

Bahaya kurang tidur itu tidak main-main loh. Makanya di jalan banyak peringatan kalau ngantuk jangan pegang kemudi.

Meskipun begitu, Beruang adalah makhluk yang terjadwal. Mereka sangat produktif bila sudah tahu punya rencana dan to-do-list yang harus mereka kerjakan.

 

Dolphin, atau lumba-lumba.

Terakhir, adalah mereka yang susah tidur, bahkan insomnia.

Tahukah anda kalau lumba-lumba selalu tertidur dengan mata terbuka? Bahkan dia bisa tidur sambil berenang mencari mangsa?

Inilah yang terjadi pada 10% manusia. Mereka tidak bisa tidur sempurna. Maksimal mereka cuma bisa tidur empat jam saja setiap harinya.

Bila anda termasuk bertipe lumba-lumba, perbanyak olahraga dan jangan tidur siang, itu kuncinya.

Mengetahui Sleeping Chronotype ini juga berguna untuk merancang jadwal kerja yang produktif untuk anda. Misalnya, Bila anda adalah seorang Wolf yang bekerja kantoran, mungkin anda ingin mengajukan keringanan kepada atasan anda untuk masuk lebih siang dan mengambil jadwal pulang lebih sore daripada rekan anda yang lain.

Anda bisa mengikuti tipe anda dengan mengikuti kuisnya disini:

>> ThePowerofWhenQuiz.com

Sejak saya mengatahui kalau saya bertipe Beruang, saya akhirnya mencoba untuk tidur lebih cepat, sekitar jam 9-10 malam, karena saya sedang membiasakan diri untuk bangun sebelum subuh sekitar jam 4 pagi.

Hal ini sudah berjalan selama dua minggu, dan semoga bertahan untuk seterusnya menjadi kebiasaan yang produktif.

Saran saya, cobalah ikut tes itu, siapa tahu kita sama-sama beruang madu…

Hai… Tunggu Sebentar!

Mau ikut tantangan 30 Hari Membangun Atomic Habit (Kebiasaan Mini) Yang Meningkatkan Diri Anda 1% (Satu Persen) Lebih Baik Dari Kemarin?

Rubah Diri Anda

Jadi orang baru dengan meninggalkan kebiasaan lama.

Sistem yang Teruji

Langkah demi langkah untuk berbenah.

Diri Anda Yang Terbaik

Kebiasaan baik akan membuat anda jadi orang yang lebih baik.

Tingkatkan PRODUKTIFITAS

Optimasi diri anda menjadi 1% lebih baik dari kemarin.

BUKU BESTSELLER MENURUT

Atomic Habit Best Seller

Prinsip Compound Effects

“Kebiasaan adalah ‘bunga-berbunga’ dari pengembangan diri. Sebagaimana uang yang berkembang biak menggunakan prinsip Compound Interest (bunga yang menghasilkan bunga lagi), efek dari kebiasan juga berkembang berkali-lipat setiap kali anda mengulanginya. Kebiasaan anda sepertinya hanya membuat sedikit perubahan bila dilihat dari hari ke hari, namun hasil yang anda dapatkan setelah berbulan-bulan menjalankannya akan sangat jauh berbeda.”

Merubah Identitas

“Anda mungkin memulai sebuah kebiasaan karena motivasi tertentu, tetapi perubahan sebenarnya adalah ketika kebiasaan tersebut ‘menempel’ menjadi bagian diri anda. Proses membentuk kebiasaan adalah proses membentuk identitas anda.”

Dapatkan Panduan Langkah Demi Langkah Untuk Berubah

Buku Atomic Habit adalah salah satu buku yang membantu saya untuk ‘Back On Track’ setelah mengalami kegagalan dalam hidup dan bisnis.

Apa yang diajarkan di buku ini berupa panduan dan strategi untuk membangun kebiasaan mini (sekecil atom) yang bila dilakukan terus akan merubah diri anda menjadi lebih baik setiap hari.

Di tantangan 30 Hari Atomic Habit Challenge, saya akan kirimkan materi dari buku tersebut yang bisa anda eksekusi saat ini juga. Masukkan email anda untuk mengikutimya!

​Full Ebook even includes following

​Donec vel leo viverra, laoreet

Lorem ipsum dolor sit amet, onsec tetur adipiscing elit.

amet, rutrum risus. hasel lus

​Morbi semper vulputate tincidunt. Mauris sodales.

vehicula nunc. Pellentesque

Lorem ipsum dolor sit amet, onsec tetur adipiscing elit.

​vivera laoeet spien, quis ulla​

Lorem ipsum dolor sit amet, onsec tetur adipiscing elit.

​sem mattis a Mae cenas la​

​Morbi semper vulputate tincidunt. Mauris sodales.

​con vallis sit amet cur susne​

Lorem ipsum dolor sit amet, onsec tetur adipiscing elit.

​Start with our first chapter, ​Completely free​! Learn first step in becoming digital nomad!

Copyright 2020 by Om Andro