Jurus ACGD Untuk Optimasi Youtube Ala Nomadian

Bismillah…

Kali ini saya ngirim emailnya agak kemalaman ya… Maklum, ini juga baru nyampe rumah dari perjalanan Bengkulu – Lubuklinggau.

Saya lagi punya target buat tidak memutus mata rantai kebiasaan nulis email dan ngevlog selama 7 hari. Istilahnya ‘Don’t Break The Chain”.

Jadi setibanya di rumah, saya bikin kopi, sholat isya, lalu hidupin Youtube, ketik di kolom pencarian dengan kata kunci White Noise, pasang headset, lalu mulai menulis.

Beginilah hasil tulisannya…

*

Di perjalanan tadi, seperti biasa, saya mendengarkan ‘ceramahnya’ Russell Bronson. Sejauh ini, materi-materi dari dia sudah cukup untuk menjadi inspirasi tulisan-tulisan saya.

Secara spesifik, saya sedang mempelajari konsep Attractive Character, sebuah konsep yang diadopsi dari industri film Hollywood dalam menciptakan Karakter di film-nya. Apa yang membuat kita jatuh cinta sama sang Karakter, dan bagaimana kita bisa menirunya dalam bisnis kita.

Satu quotes yang cukup menarik dan masih saya ingat, yaitu ‘People come because of your offer, but they stay for you attractive character’. Ini powerful banget, terutama buat anda yang ingin menguatkan personal branding anda, baik online maupun offline.

Selain belajar dari RB selama nyetir, saya juga ketemu dengan Boss Rian, abang ipar sekaligus guru saya yang mengajari saya bisnis online. Kali ini kami asyik membahas tentang dunia per-Youtube-an yang trend nya lagi naik kembali.

Boss Rian ini adalah mantan Spammer Youtube yang dulu punya ratusan channel dan mendapatkan penghasilan ribuan dolar dari ‘nyampah’ di Youtube. Bahkan beberapa channelnya ada yang mempunyai subscriber ratusan ribu. Tapi semua kena banned ketika Youtube melakukan update pada tahun 2015 lalu.

Salah satu nasehatnya adalah, agar saya tidak hanya membahas tentang materi-materi yang ‘berat’ di channel Youtube saya, karena orang sekarang butuh entertainment.

Minimal saya perlu membuat Edu-Tainment. Pengajaran yang menghibur.

Itu adalah benang merah yang menyambungkan antara konsepnya Russell Brunson dengan Boss Rian. Karena saya tidak bisa bisa total menjadi seorang penghibur, maka saya harus menciptakan karakter yang suka mengajar, tapi tidak membosankan.

*

Dari diskusi dan pelajaran itu semua, akhirnya saya memutuskan untuk menambah topik di channel Youtube saya.

Nantinya, selain berupa edukasi buat reseller Kaos Dakwah Islami, saya juga akan membuat seri interview ke pemilik bisnis dan UKM yang saya temui, atau seri ide-ide bisnis yang sering muncul di kepala #insting saya ini.

Selain itu, saya akan melengkapi seri perjalanan Nomadian Vlog dengan review tempat makan, hotel dan tujuan wisata di seputar kota Bengkulu, Lubuk Linggau, Jambi, Palembang, Padang dan kota-kota diantaranya karena kemungkinan besar saya akan banyak traveling ke empat propinsi tersebut untuk mengembangkan bisnis Rineva yang saya rintis untuk menyebar di Sumatera.

Terakhir, tentu saja tutorial praktis dan bicara ringan mengenai bisnis, self development, mindset dan apapun yang sedang saya pelajari akan jadi sumber materi di channel Youtube tersebut.

Tiga topik besar itu sepertinya sudah lebih daripada cukup untuk membangun aset digital berupa channel Youtube sekelas Atta Halilintar, Ria Ricis dan lainnya. #kepedean.

*

Tiga optimasi dasar yang saya terapkan ke channel Youtube saya setelah belajar dari Boss Rian adalah;

Pertama, merubah format video dari 9×16 ke 16×9, atau dari format portrait ke landscape. Tadinya saya mau mengupload video di Nomadian Vlog ke Youtube dan Instagram sekaligus. Tapi sepertinya hal itu menjadi kurang efektif karena kabarnya iklan Youtube yang mahal-mahal, tampilnya menggunakan format landscape.

Kedua, menggunakan thumbnail yang ‘manusiawi’ untuk tujuan personal branding. Jadi sepertinya saya harus belajar lebih pede lagi buat selfie. Hal ini dilakukan karena secara psikologis, orang lebih tertarik untuk menonton video yang thumbnailnya bukan text doang. Harus ada objeknya, misalnya manusia, benda atau apapun.

Ketiga, menggunakan judul video yang lebih Click Bait, atau mengundang klik. Meskipun saat ini saya masih mengandalkan broadcast email, whatsapp dan posting di sosial media sebagai sumber trafik ke Youtube. Tapi dengan makin banyaknya video yang di upload, pemilihan judul yang Click Bait akan memperbanyak trafik organik dari platform Youtube sendiri. Beberapa video juga akan saya buat menggunakan kaidah SEO apabila berkaitan dengan produk atau jasa tertentu di suatu daerah.

*

Sebagai penambah semangat, Boss Rian menceritakan bagaimana sekarang banyak Youtubers yang berasal dari kalangan umum. Tidak hanya artis atau orang terkenal saja. 

Ada TKI yang setiap hari kerjanya merekam video dia lagi makan siang, lalu jadilah video mukbang makan siang mengenaskan ala TKI yang viral itu.

Ada petani desa yang setiap hari keliling dan merekam APAPUN yang dia temui, ketemu orang diajak ngobrol, ketemu anak anak diajak main, ketemu ayam diajak berantem, dan sekarang sudah dapat gajian rutin dari Adsense.

Ada pengangguran yang kerjanya setiap hari merekam video truk dan bus yang lewat sebuah tikungan tajam dan menanjak di Sitinjau Laut, Padang. Lalu diupload sambil diberi teks komentar terhadap kejadian yang ditemui seperti mobil travel yang nyalip di tikungan, motor gede yang mahal tapi mogok karena bikersnya kurang handal, sekedar truk kelebihan muatan yang meraung-raung di tanjakan, sekarang jadi channel dengan jumlah subscriber hampir 500ribu orang. (Ga percaya? Lihat DISINI deh)

Mereka semua mempunyai satu kesamaan; KONSISTEN dalam berkarya, tidak perduli apapun orang kata. Padahal konsepnya yang ACGD, ah… Cuma Gitu Doang!

*

Update 22 Agustus 2018 – Tulisan ini saya jadikan webinar dengan judul yang sama. Silahkan ditonton:

 

*

Dari perjalanan dua hari ini, saya belajar dan makin semangat untuk membuat konten setiap hari.

Bagaimana dengan anda?

Yang sedang lelah mengantuk tapi harus tetap menulis…

Om Andro

NB: Waktu datang tadi jam 8 malam, kelas KDI Basic Training Batch #08 sedang berlangsung. Materinya tentang Instagram.

Insyaallah, pendaftaran untuk masuk Kelas KDI Basic Training Batch #09 akan dimulai pada tanggal 20 Agustus, setelah semua komisi KDI ditransfer. Apabila anda tidak ingin ketinggalan informasi terupdatenya, silahkan gabung di grup ini:

Waiting List KDI Basic Training Batch #09 –  September 2019

 

Hai… Tunggu Sebentar!

Mau ikut tantangan 30 Hari Membangun Atomic Habit (Kebiasaan Mini) Yang Meningkatkan Diri Anda 1% (Satu Persen) Lebih Baik Dari Kemarin?

Rubah Diri Anda

Jadi orang baru dengan meninggalkan kebiasaan lama.

Sistem yang Teruji

Langkah demi langkah untuk berbenah.

Diri Anda Yang Terbaik

Kebiasaan baik akan membuat anda jadi orang yang lebih baik.

Tingkatkan PRODUKTIFITAS

Optimasi diri anda menjadi 1% lebih baik dari kemarin.

BUKU BESTSELLER MENURUT

Atomic Habit Best Seller

Prinsip Compound Effects

“Kebiasaan adalah ‘bunga-berbunga’ dari pengembangan diri. Sebagaimana uang yang berkembang biak menggunakan prinsip Compound Interest (bunga yang menghasilkan bunga lagi), efek dari kebiasan juga berkembang berkali-lipat setiap kali anda mengulanginya. Kebiasaan anda sepertinya hanya membuat sedikit perubahan bila dilihat dari hari ke hari, namun hasil yang anda dapatkan setelah berbulan-bulan menjalankannya akan sangat jauh berbeda.”

Merubah Identitas

“Anda mungkin memulai sebuah kebiasaan karena motivasi tertentu, tetapi perubahan sebenarnya adalah ketika kebiasaan tersebut ‘menempel’ menjadi bagian diri anda. Proses membentuk kebiasaan adalah proses membentuk identitas anda.”

Dapatkan Panduan Langkah Demi Langkah Untuk Berubah

Buku Atomic Habit adalah salah satu buku yang membantu saya untuk ‘Back On Track’ setelah mengalami kegagalan dalam hidup dan bisnis.

Apa yang diajarkan di buku ini berupa panduan dan strategi untuk membangun kebiasaan mini (sekecil atom) yang bila dilakukan terus akan merubah diri anda menjadi lebih baik setiap hari.

Di tantangan 30 Hari Atomic Habit Challenge, saya akan kirimkan materi dari buku tersebut yang bisa anda eksekusi saat ini juga. Masukkan email anda untuk mengikutimya!

​Full Ebook even includes following

​Donec vel leo viverra, laoreet

Lorem ipsum dolor sit amet, onsec tetur adipiscing elit.

amet, rutrum risus. hasel lus

​Morbi semper vulputate tincidunt. Mauris sodales.

vehicula nunc. Pellentesque

Lorem ipsum dolor sit amet, onsec tetur adipiscing elit.

​vivera laoeet spien, quis ulla​

Lorem ipsum dolor sit amet, onsec tetur adipiscing elit.

​sem mattis a Mae cenas la​

​Morbi semper vulputate tincidunt. Mauris sodales.

​con vallis sit amet cur susne​

Lorem ipsum dolor sit amet, onsec tetur adipiscing elit.

​Start with our first chapter, ​Completely free​! Learn first step in becoming digital nomad!

Copyright 2020 by Om Andro