Cara Memulai Bisnis Digital Dari Awal

Siang ini, setelah sholat Jum’at, sembari berjalan pulang dari masjid, kepala saya tiba-tiba meledak!

This is IT! Ini dia yang perlu gue jadiin konten!!”

Otak saya rasanya mau copot, melonjak-lonjak saking girangnya karena ide yang barusan melintas itu keren banget…

Ada apa sih ini? What happened?!

Well, mungkin sebaiknya saya flashback sedikit ya, siapa tahu anda bisa ikutan excited

~

Two weeks ago…

Saya stuck, rencana saya tidak berjalan sesuai dengan yang diinginkan, bisnis saya macet, hidup saya rasanya kembali tak terarah.

Sudah 4 bulan saya merantau ke Jakarta, membangun bisnis dan membina tim yang lagi berantakan, sangu saya habis, saya berada di persimpangan jalan; mau bertahan dengan bisnis yang sedang tidak pasti? atau pulang dulu ke rumah untuk menenangkan diri?

~

A week ago…

Saya kecewa, terpuruk, kena mental, apalah namanya itu semua.

Intinya, saya rasanya udah pengen nyerah aja. Masalah disini terlalu complicated. Kalau ini ujian, ya udah deh, saya terima kalau kayaknya kali ini saya gagal lagi.

Mending saya pulang, ketemu istri, ketemu keluarga, lalu nanti mikir gimana langkah selanjutnya.

~

3 days ago…

Saya sudah merencanakan untuk pulang ke Lubuklinggau. Jadi hari ini saya cuma pengen ketemu dengan sahabat-sahabat saya, ngobrol ngalor ngidul, bahkan kita sempat nonton film Dune, yang menjadi inspirasi semesta Star Wars itu.

Film "Dune" Rilis Trailer Baru, Pastikan Rilis 22 Oktober!

~

2 days ago…

Sambil nyantai di kos, sambil mikir; “Gimana caranya bisnis yang saat ini gue jalanin, bisa tetap berjalan kalau nanti pulang kampung?”

“Gimana caranya biar bisnis ini bisa dijalankan 80% lewat online dan 20% lewat offline?”

“Gimana caranya biar orang yang baru mulai pun bisa jalanin bisnis ini, tanpa perlu proses belajar yang lama?”

~

Yesterday…

Saya menyadari kesalahan-kesalahan yang telah saya lakukan, dan bagaimana caranya untuk memperbaikinya.

Mulai dari funnel, sistem, team work, dan tentu saja; kurangnya personal leadership skill, disiplin, konsistensi dan eksekusi.

But hey… It’s not too late…

~

Today…

Nah, pagi ini saya bangun dan mulai menyusun rencana baru untuk “Membangun Kembali Bisnis Digital Dari Awal” yang tadinya saya pikir udah ‘stuck‘ itu. Tiba-tiba saya sudah bikin banner, lalu beli domain, lalu bermunculan ide-ide banyak banget yang bikin saya girang tadi.

Dan pertanyaan inilah yang tadi muncul di jalan dan bikin saya tambah semangat;

“Bagaimana kalau proses saya membangun bisnis ini dari awal, saya dokumentasiin, saya ceritain, dan dijadiin konten?”

Kira-kira… Ada yang mau ngikutin konten beginian nggak ya?

Cara Memulai Bisnis Digital Dari Awal: Mulai Darimana?

Ketika membangun bisnis digital, banyak hal yang bisa dijadikan starting point atau titik-awal untuk memulai.

  • Bisa mulai dari produk, misalnya anda kenal dengan produsen herbal yang ngasih harga diskon gila-gilaan.
  • Bisa mulai dari market atau pasarnya, karena anda punya banyak kenalan atau memiliki akses ke target market yang spesifik.
  • Bisa mulai dari masalah yang dihadapi, dan anda bisa memberikan solusi yang paling tepat daan efisien untuk masalah tersebut.
  • Dan masih banyak starting point lainnya, ada yang mau nambahin?

Pendekatan saya dalam memulai bisnis biasanya dimulai dari menentukan marketnya dulu, lalu mencari masalah yang ada di market tersebut, menemukan solusinya, lalu menjual produknya.

Siapa Orang Yang Ingin Anda Layani?

Berbicara tentang target market, seringnya anda diajak berpikir bahwa mereka adalah sekelompok orang dengan demografi tertentu. Padahal realitanya, mereka adalah manusia yang terkadang sulit dipahami dan dimengerti.

Karena itu, saya biasanya mencari dari semua orang yang saya kenal, terutama yang pernah melakukan transaksi bisnis dengan saya, yang saya akan merasa enjoy kalau saya berbisnis dengannya dalam jangka waktu yang lama.

Pendekatan ini mungkin berbeda dengan yang diajarkan oleh para guru marketing di luar sana, karena memang model bisnis yang saya jalani agak unik, sehingga tidak terlalu bisa menggunakan pendekatan marketing berbasis demografi, behaviour analysis atau semacamnya.

Tapi katakanlah, untuk mempermudah pemahaman, kalau saya harus membuat demografinya, berikut inilah kira-kira:

Gender: Laki-laki

Usia: 25-35

Income: 5-10 juta / bulan

Ingin memiliki bisnis yang dilakukan secara online. Menguasai basic selling & marketing. Lebih diutamakan yang memiliki kemampuan mengajar atau senang berbagi.

Masalah Apa Yang Dihadapi Oleh Calon Customer Anda?

Biasanya, karena sudah mengenal dekat ‘buyer persona’ yang menjadi target market, anda bisa tahu dengan sangat jelas masalah apa yang mereka hadapi. Betul?

Contohnya, karena saya tahu kawan saya ini mau punya bisnis digital, berikut ini beberapa masalah yang mungkin dia hadapi.

  • Bagaimana cara memulainya. (Voila! anda sedang membaca konten yang menjawab masalah ini, kan?)
  • Produk apa yang bagus? Bikin sendiri atau ambil dari orang lain?
  • Pakai website atau marketplace? Atau cukup pakai sosial media aja?
  • Cara mencari pembeli nanti gimana? Lebih baik pakai cara gratisan atau berbayar?
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kalau masih bingung sama masalah apa yang dihadapi oleh customer anda, tenang aja, cukup tanyakan satu hal ini ketika anda mengalami sebuah masalah;

“Kira-kira, masalah yang sedang saya hadapi ini dialami nggak ya sama calon pembeli saya?”

Kalau jawabannya iya, catat, jadikan bahan buat konten ketika anda nanti berhasil mendapatkan solusinya.

Penawaran Apa Yang Paling Tepat Untuk Mereka?

Setelah anda dapat gambaran tentang market dan masalah yang mereka hadapi, temukan produk yang akan membantu mereka mengatasi masalahnya.

Tapi kadang, tidak semudah itu, menemukan produk yang benar-benar pas dengan mereka. Karenanya, saya biasanya akan memberikan sebuah penawaran, bukan produk.

Apa itu penawaran? Simpelnya, sebuah janji untuk menyelesaikan masalah yang saat ini sedang dihadapi customer anda.

Jadi inilah yang tadi pagi saya lakukan, bikin brosur penawaran.

Cara Memulai Bisnis Digital Dari Awal - The Nomadian Blueprint
Cara Memulai Bisnis Digital Dari Awal – The Nomadian Blueprint

Kalau anda baca, penawarannya masih belum terlalu jelas, masih sedikit terlalu umum, iya kan?

Tapi itulah yang saya lakukan di awal bisnis, tidak perlu terlalu spesifik ataupun perfeksionis, karena goalnya cuma untuk ‘memanaskan’ suasana. Ya.. Semacam woro-woro para mastah yang sering bilang;

“Something big is coming…”

Setup Funnel Sederhana.

Maafkan bila anda sebelumnya belum tahu apa itu funnel, customer journey dan sebagainya. Nanti akan saya bahas secara lebih detail di artikel berikutnya.

Tapi buat yang sudah pernah belajar, anda bisa siapkan funnel paling sederhana yang bisa dibuat oleh siapa saja. Yaitu Grup Whatsapp.

Ya, anda tinggal siapkan sebuah grup (dalam hal ini, saya malah gunakan grup yang sudah ada), lalu mulai menyebarkan penawaran ini kepada siapa yang berminat.

Setup Funnel Sederhana Untuk Bisnis Digital - The Nomadian Blueprint
Setup Funnel Sederhana Untuk Bisnis Digital – The Nomadian Blueprint

Sambil saya menunggu anggota grup mengisi absen, saya langsung mengamankan domain yang nantinya akan jadi ‘alamat kantor’ bisnis saya di dunia maya.

Membeli Domain Untuk Memulai Bisnis Digital - The Nomadian Blueprint
Membeli Domain Untuk Memulai Bisnis Digital – The Nomadian Blueprint

Dokumentasikan Proses Perjalanan Anda.

Yap, that’s it. Itulah yang saya lakukan di blog ini. Mendokumentasikan langkah-demi-langkah saya memulai bisnis digital dari awal.

Sejujurnya sih, nggak dari awal banget ya. Karena ketika saya membangun ini, saya sudah punya bisnis (yang saat ini masih dalam proses), sudah punya database kontak WA dan email. Sudah punya pengalaman gagal berkali-kali.

Tetapi justru karena saya sudah berkali-kali mencoba bangkit, kali ini saya mau mendokumentasikan proses hari demi hari yang saya lakukan apa saja supaya anda bisa mendapatkan gambaran, kurang lebih seperti itulah caranya saya membangun bisnis digital.

Tentu saya juga berharap, semoga ada yang mengikuti konten ini dan berkenan memberikan masukan, ide atau apapun itu. Siapa tahu anda pernah melewati jalan yang akan saya lewati dan mau berbagi?

Finally, I know it will be a bumpy road ahead, so buckle up, tighten your seatbelt, and let’s go!

Hai… Tunggu Sebentar!

Mau ikut tantangan 30 Hari Membangun Atomic Habit (Kebiasaan Mini) Yang Meningkatkan Diri Anda 1% (Satu Persen) Lebih Baik Dari Kemarin?

Rubah Diri Anda

Jadi orang baru dengan meninggalkan kebiasaan lama.

Sistem yang Teruji

Langkah demi langkah untuk berbenah.

Diri Anda Yang Terbaik

Kebiasaan baik akan membuat anda jadi orang yang lebih baik.

Tingkatkan PRODUKTIFITAS

Optimasi diri anda menjadi 1% lebih baik dari kemarin.

BUKU BESTSELLER MENURUT

Atomic Habit Best Seller

Prinsip Compound Effects

“Kebiasaan adalah ‘bunga-berbunga’ dari pengembangan diri. Sebagaimana uang yang berkembang biak menggunakan prinsip Compound Interest (bunga yang menghasilkan bunga lagi), efek dari kebiasan juga berkembang berkali-lipat setiap kali anda mengulanginya. Kebiasaan anda sepertinya hanya membuat sedikit perubahan bila dilihat dari hari ke hari, namun hasil yang anda dapatkan setelah berbulan-bulan menjalankannya akan sangat jauh berbeda.”

Merubah Identitas

“Anda mungkin memulai sebuah kebiasaan karena motivasi tertentu, tetapi perubahan sebenarnya adalah ketika kebiasaan tersebut ‘menempel’ menjadi bagian diri anda. Proses membentuk kebiasaan adalah proses membentuk identitas anda.”

Dapatkan Panduan Langkah Demi Langkah Untuk Berubah

Buku Atomic Habit adalah salah satu buku yang membantu saya untuk ‘Back On Track’ setelah mengalami kegagalan dalam hidup dan bisnis.

Apa yang diajarkan di buku ini berupa panduan dan strategi untuk membangun kebiasaan mini (sekecil atom) yang bila dilakukan terus akan merubah diri anda menjadi lebih baik setiap hari.

Di tantangan 30 Hari Atomic Habit Challenge, saya akan kirimkan materi dari buku tersebut yang bisa anda eksekusi saat ini juga. Masukkan email anda untuk mengikutimya!

​Full Ebook even includes following

​Donec vel leo viverra, laoreet

Lorem ipsum dolor sit amet, onsec tetur adipiscing elit.

amet, rutrum risus. hasel lus

​Morbi semper vulputate tincidunt. Mauris sodales.

vehicula nunc. Pellentesque

Lorem ipsum dolor sit amet, onsec tetur adipiscing elit.

​vivera laoeet spien, quis ulla​

Lorem ipsum dolor sit amet, onsec tetur adipiscing elit.

​sem mattis a Mae cenas la​

​Morbi semper vulputate tincidunt. Mauris sodales.

​con vallis sit amet cur susne​

Lorem ipsum dolor sit amet, onsec tetur adipiscing elit.

​Start with our first chapter, ​Completely free​! Learn first step in becoming digital nomad!

Copyright 2020 by Om Andro